Saurna.com–Setiap negara mempunyai keunikan dan budayanya masing-masing, bagi  Anda yang ingin berkeliling dunia tentunya harus mengetahui budaya di setiap negara yang akan Anda kunjungi terlebih dahulu, karena dengan menghargai setiap budaya di dunia ini maka kita akan diterima oleh masyarakat dimana kita tinggal atau singgah sekalipun. Termasuk mengetahui etika makan di berbagai negara yang mungkin akan berbeda dengan kita, jika tidak mengikuti etika makan dimana negara kita tinggal maka kita akan dianggap sebagai orang aneh akan dianggap tidak menghargai budaya yang ada. Nah, supaya kita tahu bagaimana saja etika makan yang ada di beberapa negara di dunia ini kita akan bahas satu persatu dalam artikel yang berjudul  7 etika makan yang unik di berbagai negara di bawah ini.

1. Tanzania
etika makan yang unik di berbagai negara tanzania etika makan yang unik 7 Etika Makan yang Unik di Berbagai Negara tanzania
etika makan yang unik di berbagai negara                  

Jika kita mendapat undangan jamuan makan maka biasanya kita akan berusaha untung datang tepat waktu. Namun, di negara ini memiliki etika makan yang unik dan jika kita tidak mengikuti aturannya maka kita akan di anggap tidak sopan di negara ini. Di Tanzania jika ada jamuan makan maka para tamu akan hadir setelah 15-20 menit dari jam yang di janjikan pada undangan, hal ini untuk menghormati sang tuan rumah agar tidak terburu-buru dalam mempersiapkan makanan yang akan dihidangkan.

2. Prancis
etika makan yang unik di berbagai negara prancis etika makan yang unik 7 Etika Makan yang Unik di Berbagai Negara prancis
etika makan yang unik di berbagai negara

Sebagian orang di berbagai dunia biasanya makan menggunakan alat makan seperti  sendok, garpu, pisau atau sumpit. Namun jika Anda datang dan makan di negara Prancis jangan harap And akan makan dengan alat-alat makan tersebut, karena negara ini juga memiliki etika makan yang unik. Orang-orang Prancis biasa mengunakan roti sebagai pengganti sendok untuk makan, maka jangan sekali2 makan roti untuk makanan pembuka.

3. Italia
etika makan yang unik di berbagai negara  italia etika makan yang unik 7 Etika Makan yang Unik di Berbagai Negara italia
etika makan yang unik di berbagai negara

Negara yang terkenal dengan Spagetty dan pizzanya ini juga ternyata memiliki etika makan yang unik loh.  Jangan pernah meminta keju extra jika Anda sedang di jamu makan di Negara ini karena itu di anggap menyinggung orang yang memasak  makanan tersebut. Dan masyarakat di negara ini juga biasa meminum cappuchino pada pagi hari saja, jika ada yang meminum cappuchino pada waktu lain selain pagi hari maka akan di anggap aneh.

4. Timur Tengah dan India
etika makan yang unik di berbagai negara  timur tengah etika makan yang unik 7 Etika Makan yang Unik di Berbagai Negara timur tengah
etika makan yang unik di berbagai negara

Kedua Negara ini juga memiliki etika makan yang unik, jika untuk sebagian warga negara lain makan langsung  menggunakan tangan adalah hal yang tidak sopan maka di kedua negara ini mewajibkan makan menggunakan tangan kanan. Karena di kedua negara ini sangan menjunjung tinggi etika kesopanan termasuk dalam kegiatan makan, karena dianggap tangan yang baik adalah tangan kanan, maka jika Anda makan dengan menggunakan tangan kiri akan di anggap tidak sopan di negara ini.

5. Tiongkok
etika makan yang unik di berbagai negara  tiongkok etika makan yang unik 7 Etika Makan yang Unik di Berbagai Negara tiongkok
etika makan yang unik di berbagai negara

Jika Anda makan ikan di Tiongkok jangan sekali-kali membalik ikan ketika daging bagian atasnya sudah habis. Negara Tiongkok memiliki kepercayaan  jika membalikan ikan adalah sebagai nasib buruk, maka cara makan ikan yang baik di Tiongkok  adalah dengan cara membuang duri ikannya terlebih dahulu jika daging ikan pada bagian atas ikan sudah habis.

6. Jepang
etika makan yang unik di berbagai negara jepang etika makan yang unik 7 Etika Makan yang Unik di Berbagai Negara jepang
etika makan yang unik di berbagai negara

Negara Sakura ini ternyata juga memiliki etika makan yang unik. Dimana jika kita disuguhi makanan berupa sup  atau makanan berkuah oleh tuan rumahnya  kita harus menyeruput kuahnya langsung dari mangkuk sekeras mungkin dan menghabiskannya,  dengan begitu sang tuan rumah akan merasa senang dan menandakan hidangan yang di sajikan dinikmati oleh tamunya. Selain itu jangan sampai Anda menusukan sumpit pada nasi, karena orang jepang menganggap itu sebagai hal yang tidak sopan, sumpit yang menancap pada nasi dianggap sebagai dupa untuk penghormatan  upacara pemakaman. Maka jika sudah menggunakan sumpit hendaknya kita meletakannya kembali pada tempat sumpit yang sudah disediakan.

7. Korea
etika makan yang unik di berbagai negara  korea etika makan yang unik 7 Etika Makan yang Unik di Berbagai Negara korea
etika makan yang unik di berbagai negara

Negara terakhir yang memiliki etika makan yang unik adalah Korea. Negri ginseng ini sangat menjungjung tinggi sopan santun dan menghormati yang lebih tua, termasuk menghormati yang lebih tua ketika berada di meja makan. Jika kita sedang makan dengan orang yang lebih tua dari kita maka orang yang lebih muda tidak diperbolehkan untuk memakan makanan terlebih dahulu,  begitupun saat selesai makan, jika orang yang lebih tua belum beranjak meinggalkan tempat makan maka orang yang lebih mudah tidak boleh meninggalkan tempat makan terlebih dahulu.  Selain itu, jika kita ada orang yang lebih tua memberikan minuman kepada kita maka kita harus menerimanya dengan menggunakan dua tangan dan menganggukan kepala,  lalu cicipilah makanan atau minuman yang di berikan kepada kita oleh orang yang lebih tua karena itu menandakan kita menghormatinya.

NO COMMENTS

Leave a Reply