Berbicara tentang reptil yang satu ini sangat menarik dan tidak semua orang menyukai hewan melata dan bersisik ini. Pada artikel sebelumnya sudah di bahas tentang sebuah mitos ular masuk rumah itu adalah sebuh fakta atau memang hanya mitos belaka. Nah, sekarang kita akan bahas beberapa fakta menarik dan mitos-mitos tentang ular yang sudah kami rangkum dalam 7 Fakta dan Mitos Tentang Ular.

  1. Ular tidak takut pada garam

          7 Fakta dan Mitos Tentang Ular yang pertama adalah adanya sebuah mitos yang beredar di masyarakat yang mengatakan bahwa jika kita menaburkan garam disekeliling kita maka ular tidak akan mendekati kita. Namun faktanya, ular tidak takut pada garam. Karena pada dasarnya ular bukanlah hewan moluska yang mempunyai lendir sehingga garam tidak serta merta mampu mengusir ular.

  1. Ular tidak bisa mendengar

       7 Fakta dan Mitos Tentang Ular yang kedua adalah ular tidak bisa mendengar karena faktnya ular tidak memiliki daun telinga. Sehingga tidak ada cerita yang mengatakan bahwa ular akan menyerang dalam keadaan bising. Ular hanya merasakan getaran udara melalui organ bagian dalam yang disebut Membran Typhani. Selebihnya, ular akan mendeteksi segala sesuatu yang ada di sekitarnya dengan menggunakan lidahnya yang bercabang. Itulah sebabnya mengapa ular sering menjulurkan lidah. Sebab lidah tersebut digunakan untuk menghimpun informasi melalui partikel udara.

  1. Tidak semua ular bertelur

    7 Fakta dan Mitos Tentang Ular mitos tentang ular 7 Fakta dan Mitos Tentang Ular maxresdefault
    7 Fakta dan Mitos Tentang Ular

       7 Fakta dan Mitos Tentang Ular yang ketiga ialah bahwa ternyata tidak semua ular bertelur. padahal pada ada dasarnya semua reptil berkembangbiak dengan cara bertelur. Faktanya ada beberapa jenis ular yang justru beranak. Akan tetapi tidak murni beranak. Sebab dikatakan bahwa jenis ular seperti ular kadut, ular boa, dan beberapa jenis lainnya bertelur dan menetaskan telurnya di dalam tubuh induknya. Sehingga saat sang induk mengeluarkan anaknya akan langsung berbentuk ular.

  1. Ular tidak berlendir

       7 Fakta dan Mitos Tentang Ular yang keempat banyak orang yang tidak mau memegang ular karena mereka beranggapan bahwa tubuh ular itu berlendir. Namun faktanya, kulit ular tidak berlendir dan benar-benar kering. Mengapa nampak mengkilat? Hal ini disebabkan oleh pantulan cahaya yang menimpa sisik ular yang sangat halus. Sehingga akan terlihat seperti berlendir dan pada dasarnya, ular tidak memiliki kelenjar keringat layaknya manusia.

  1. Ular bisa menelan mangsa berukuran besar

         7 Fakta dan Mitos Tentang Ular yang kelima ternyata ular mampu memalan mangsa yang lebih besar dari tubuhnya sendiri. Seekor ular ternyata mamu memakan mangsanya yang  berukurannya 10 kali lebih besar dari kepalanya. Beberapa penelitian meyebutka bahwa rang ular bagian atasa dengan bagian bawah tidak menyatu, melainkan hanya disatukan oleh otot sajaoleh sebab itu rahang ular mampu membuka sampai 150 derajat.

  1. Tidak semua ular agresif

    Ball Python hatchling baby Living Art Reptiles mitos tentang ular 7 Fakta dan Mitos Tentang Ular Ball python Hatchling Baby Living
    Ball Python

         7 Fakta dan Mitos Tentang Ular yang keenam adalah tidak semua ular itu agresif. Ular yang bernama Ball Python ini adalah jenis ular python yang sama sekali tidak berbahaya. Sekalipun Anda menjumpainya di hutan, Anda tidak perlu takut, justru ular inilah yang takut pada Anda. Ball Python atau disebut Sanca Bola akan menggulung badannya apabila merasa terganggu. Ular asal Afrika ini memiliki bentuk yang lucu dan imut sebab panjang maksimalnya hanya 1,5 meter dengan badan yang gemuk. Apabila Anda ingin memlihara ular ini, sangat diperbolehkan sebab sama sekali tidak berbahaya.

  1. Ular tidak memiliki telepati

      7 Fakta dan Mitos Tentang Ular yang ketujuh datang dari pulau Jawa. Di pulau Jawa beredar mitos mengatakan apabila seseorang membunuh ular, maka beberapa hari kemudian akan ada sekelompok ular lain yang akan mendatangi orang yang mebunuh ular sebelumnya dengan tujuan balas dendam. Hal ini terjadi karena sebelum si ular itu dibunuh dia telah mengirimkan telepati kepada ular lain untuk memberitahu orang yang membunuhnya.

Namun faktanya, ular adalah hewan solitaire yang artinya mereka lebih suka melakukan sesuatu sendiri dan ular bukan hewan yang suka berkelompok seperti mamalia.

Itulah ke 7 Fakta dan Mitos Tentang Ular yang sudah kami rangkum semoga bermanfaat buat semua pembaca.

NO COMMENTS

Leave a Reply