Pada zaman dahulu manusia sudah memulai meninggalkan jejaknya atau meninggalkan data bahwa ia pernah tinggal di area tersebut dengan mencantumkan gambar, goresan, tulisan, atau apapun di sebuah media penyimpanan.

Sebagian besar media tersebut ditemukan pada masa sekarang dan dijadikan suatu motivasi bagi manusia modern untuk membuat suatu media penyimpanan yang praktis dan bisa memuat banyak informasi maupun data dalam suatu wadah yang tidak terlalu besar dan berat. Berikut media-media penyimpanan data yang berhasil manusia ciptakan. Berikut adalah Berbagai Macam media penyimpanan dari masa ke masa :

1. Punch Card

1 media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa 1Media penyimpanan yang pertama bernama Punch Card. Punch Card ini dirancang dan diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon. Media penyimpanan ini menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Tetapi media ini pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 september 1884 oleh seseorang bernama Herman Hollerith.

Penemuan ini digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Punch Card ini memiliki 90 kolom dan jumlah data yang bisa disimpan (kapasitas) di dalam media penyimpanan ini sangatlah kecil dan juga fungsi utama media ini bukan untuk menyimpan informasi atau data untuk manusia, melainkan untuk menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.

2. Punch Tape

Media Penyimpanan - Punch Tape media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa 2

Media penyimpanan selanjutnya adalah Punch Tape. Orang pertama yang mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram tahun 1846 ini bernama Alexander Bain. Penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram. Setiap baris tape menampilkan satu karakter, tetapi karena kita bisa melipatnya dengan mudah maka media ini dapat menyimpan data secara lebih signifikan dari pada Punch Card.

3. Selectron Tube

3 media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa 3

Pada tahun 1946 RCA mulai mengembangkan Selectron Tube yang merupakan awal format memori komputer dan Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits. Tetapi harga satu buah Selectron Tube ini sangatlah mahal dan umurnya pun sangat pendek di pasaran.

4. Magnetic Tape

Media Penyimpanan - Magnetic Tape media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa 4

Media penyimpanan ini telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data pada tahun 1950-an. Sebuah roll Magnetic Tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 Punch Cards, fenomena ini membuat Magnetic Tape menjadi sangat populer sebagai cara menyimpan suatu data computer hingga pertengahan 1980-an.

Magnetic Tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Tape ini juga dipakai untuk
alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tape lainnya. Panjang tape pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida. Flexible plastiknya disebut mylar.

5. Compact Cassette

Media Penyimpanan - Compact Cassette media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa 5

Compact cassette ini merupakan salah satu bagian dari Magnetic Tape. Media penyimpanan ini dikenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer. Komputer – komputer, seperti ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan Compact Cassette ini atau yang lebih sering disebut dengan kaset ini untuk menyimpan data. Standar 90 menit Compact Cassette dapat menyimpan sekitar 700 Kb hingga 1 Mb dari data tiap sisinya. Jika disetarakan dengan DVD, maka data dalam Compact Casette ini dapat dijalankan selama 281 hari.

6. Magnetic Drum

Media Penyimpanan - Magnetic Tube media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa 6

Yang keenam ini bernama Magnetic Drum. Magnetic Drum memiliki panjang 16 inch yang bekerja 12.500 putaran per menit (12.500RPM). Media penyimpanan jenis ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari memori utama.

7. Floppy Disk

Media Penyimpanan - Floppy Disk media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa 7

Disket ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1969. Saat itu media ini hanya bisa membaca saja atau istilahnya adalah read only. Maksudnya adalah, ketika data tersimpan, data tidak lagi bisa dimodifikasi ataupun dihapus dari dalam Floppy Disk ini. Ukuran media ini hanya sektar 8 inch dan hanya dapat menyimpan data sekitar 80 Kb.

Empat tahun kemudian, Floppy Disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256 Kb. Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1990, lahir sebuah disk dengan ukuran 3 inch yang dapat menyimpan data sekitar 250 Mb atau biasa disebut Zip Disk.

8. Zip Disk

1024px-Zip-100a-transparent media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa 1024px Zip 100a transparent

Zip Disk adalah contoh alternatif penyimpan adalah floppy disk cartridge/disket yang berkapasitas lebih besar. Diproduksi oleh Iomega Corp., Zip Disk adalah disk berlapis magnetic berkualitas tinggi yang memiliki kapasitas sebesar 100, 250 bahkan 750 Megabyte. Untuk ukuran 100 Megabyte saja, kapasitasnya telah melampaui 70 kali kapasitas disket biasa.

Zip Disk memerlukan Zip Disk Drive tersendiri, meskipun telah tersedia pula Drive Zip External (biasanya versi USB). Zip Disk dimanfaatkan untuk menyimpan file spreadsheet, file database, file gambar, file presentasi multimedia, dan file-file situs web yang berukuran besar.

9. Hard Drive

Media Penyimpanan - Hard Drive media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa 9

Pada tanggal 13 september 1956, computer IBM 305 RAMAC dalam kondisi tidak terselubingi. Komputer tidak mengalami perubahan sejak dapat menyimpan data sekitar 4.4 Mb (kira – kira, besar jumlah penyimpanan ini setara dengan 5 milyar karakter). Pada saat itu, hal ini sudah menjadi hal yang sangat menakjubkan. Data tersimpan dalam 50 buah magnetic disk yang berukuran 24 inch, dan inilah Hard Drive pertama di dunia. Lebih dari 1000 sistim dibangun dan diproduksi pada akhir tahun 1961.

10. Hard Disk

Media Penyimpanan - Hard Disk media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa untitled 98

Hard Disk pertama yang berkapasitas 500 Gb adalah Hitachi Dekstar 7K yang jika dibandingkan dengan hard drive pertama adalah 1 Hard Drive Hitachi ini setara dengan 120.000 Hard Drive pertama di dunia dari IBM 305 RAMA. Hal ini cenderung tiap tahun kita dapat memperoleh drive yang dapat menyimpan data secara cepat dengan harga yang relatif lebih murah.

Hard Disk adalah non-volatile storage device yang menyimpan data secara electronik dengan kapasitas besar (High-capacity storage) yang dikodekan secara digital pada piring-piring yang berputar cepat dengan permukaan magnetic dan berisi beberapa plat yang keras,dan bundar serta komponen yang menyertai berada dalam wadah yang kedap udara, dan tersegel untuk keamanan.

11. Laser Disk

Media Penyimpanan - Laser Disk media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa laserdisc in hand

Tahun 1958, Laser Disk ditemukan tetapi tidak sampai tahun 1972 untuk pertama kalinya video disk didemonstrasikan kepada publik. Enam tahun kemudian, sekitar tahun 1978, media ini telah tersedia di pasaran. Hal yang tidak mungkin manusia simpan pada tahun sebelumnya dapat di simpan di media penyimpanan yang disebut Laser Disk ini. Kualitas gambar pada video pun lebih signifikan perubahannya dan lebih tinggi dibandingkan dengan VHS.

12. Compact Disk

Media Penyimpanan - Laser Disk media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa 433884 cd

Setelah ditemukannya Laser Disk, media penyimpanan mengalami revolusi bentuk besar yaitu perubahan dari media yang berbentuk sudut, seperti kubus, balok, maupun pita, menjadi lingkaran atau yang lebih sering disebut Disk. Perkembangan lebih lanjut dari Laser Disk adalah Compact Disk. Media penyimpanan ini muncul pada tahun 1979 hasil kerja sama Philips dengan Sony. Ukuran Compact Disk ini lebih kecil dibandingkan Laser Disk. Penjualan Compact Disk ini pun mulai meledak di pasaran pada tahun 1982.

13. Flash Disk

Media Penyimpanan - Flash Disk media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa USB 3Yang Terakhir yaitu Flash Disk atau Flash Drive adalah media penyimpan data yang menggunakan flash memory dan diakses menggunakan USB port. Fujio Masuoka, beliau lahir pada tanggal 8 Mei 1943, di Kota Takasaki, Gunma, Jepang, dia adalah penemu dari flashdisk memory.

Flash disk menggunakan gabungan berbagai teknologi sehingga murah, konsumsi energi rendah dan berukuran kecil. Dasar teknologi yang digunakan untuk memori flash disk adalah EEPROM. Namun teknologi EEPROM hanya bisa ditulis ulang setelah semua isinya dihapus. Hal ini tentu sangat merepotkan. Peneliti akhirnya menemukan sebuah cara bagaimana membagi memori dari EEPROM menjadi bagian-bagian kecil, yang bisa dihapus tanpa memengaruhi bagian lain. Sehingga flash disk bisa ditulis ulang apapun keadaannya, seperti yang ada sekarang.

Itulah media penyimpanan dari masa ke masa, semoga dapat menambah wawasan anda :D media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa wAAACwAAAAAAQABAEACAkQBADs

Profile photo of Ilham Nurhamzah media penyimpanan Berbagai Macam Media Penyimpanan dari Masa Ke Masa gif base64 R0lGODlhAQABAIAAAAAAAAAAACH5BAEAAAAALAAAAAABAAEAAAICRAEAOw
This lazy person is forget about itself

SIMILAR ARTICLES

0 1279

0 1125

0 1547

NO COMMENTS

Leave a Reply