Saurna.com – Akhir-akhir ini di jejaring sosial facebook sedang beredar video sebuah truk yang menumpahkan air pada lahan parkir yang berlapis beton. Namun anehnya, air sebanyak 4000 Liter itu  tidak meluber kemana-mana bahkan dalam waktu 1 menit saja air tersebut hilang. Mengapa ko’ bisa gitu? Bisakah tayangan video ini menjadi solusi banjir di Jakarta?

Ternyata beton yang digunakan adalah beton ramah air yang mampu menyerap air yang membasahi bagian atas beton tersebut. Beton ramah air atau juga disebut permeable ini jenis topmix, beton permeable ini sangat berbeda dengan beton kebanyakan beton yang kurang mampu menyerap air. Namun sebaliknya dengan beton buatan dari sebuah perusahaan Lafarge Tarmac, produsen beton dari Kota Birmingham, Inggris mampu membuat cairan apapun menyerap kedalamnya, kekuatan beton ramah air ini mampu menyerap 600 liter air per menit per meter persegi, rekaman video yang beredar saat ini ternyata sebuah promosi yang dilakuakan oleh perusahaan tersebut.

Walaupun begitu, kecanggihan yang terkesan sangat canggih ini ternyata sudah digunakan di Eropa, mayoritas negara-negara di Eropa sudah menggunakan kecanggihan ini untuk mengatasi banjir di negara meraka sejak tahun 1800-an.

Beton ramah lingkungan semoga menjadi solusi banjir di Jakarta, ya?

 

SIMILAR ARTICLES

0 624

0 1279

0 1126

NO COMMENTS

Leave a Reply