Fakta tentang mengompol,

1. Biologi mengompol

nocturnal enuresis adalah istilah medis untuk kasus mengompol yang terjadi pada anak-anak usia lima tahun ke atas yang mengompol sedikitnya dua kali dalam seminggu selama setidaknya tiga bulan. faktor keturunan turut berperan. “jika salah satu orang tua memiliki nocturnal enuresis, terdapat sekitar 40 persen kemungkinan anaknya akan memilikinya,” kata Mark posner, MD, urolog di Baton Rouge. anak-anak kami punya gen mengompol dari kedua belah pihak keluarga: suami saya dan nenek saya mengompol ketika mereka masih kecil. tapi saya masih bingung, soalnya anak-anak saya sudah tidak memakai popok pada siang hari sejak usia 3 tahun. ternyata, anak-anak yang tidak mengompol sepanjang hari namun mengompol di malam hari mungkin menghasilkan lebih banyak urin pada malam hari ketimbang anak-anak lain, memiliki kandung kemih lebih kecil dari teman-teman sebayanya, dan mungkin seorang penidur yang dalam sehingga terdapat kesenjangan komunikasi antara otak dan kandung kemihnya. hampir tidak mungkin mengidentifikasi kombinasi mana dari faktor-faktor tersebut yang menjadi penyebab, tambah Dr.Posner.

sembelit juga dapat menjadi pemicu jika anak-anak menunda keinginan buang air besr, feses menumpuk dan usus yang penuh akan menekan kandung kemih, kata urolog Steve J. Hodges, MD, penulis It’s no accident: breakthrough solutions to your child’s wetting, constipation, UTIs, and other potty problems. ia meneliti anak-anak yang dirawat karena mengompol dan menemukan, melalui x-ray mereka semua memiliki feses yang berlebihan dalam rektum mereka. dalam waktu tiga bulan, setelah secara teratur mengonsumsi pencahar Miralax, 80 persen di antaranya telah berhenti mengompol.

seperti kebanyakan orang tua, harus mengingatkan diri sendiri bahwa masalah anak-anak bukanlah masalah kepribadian. kecuali anak anda bersikap melawan atau bermusuhan, kemungkinan besar ia akan memilih berada di tempat tidur yang kering dan tak mengalami insiden mengompol. pikirkan hal ini: bagaimana perasaannya saat bangun dalam keadaan dingin, seprai basah dan kemudian melihat tatapan orang tuanya? dan bagaimana rasa malunya akibat mengompol saat menginap di rumah teman? inilah sebabnya mengapa para ahi tidak menyetujui adanya hukuman terhadap anak yang mengompol. “hal itu benar-benar dapat menghancurkan harga diri anak anda,”kata dokter anak di Sacramento, Melissa Area, MD.

untuk menjaga citra diri anak, Dr. Posner bertanya kepada orang tua=di depan si anak=apakah ada anggota keluarga lain yang juga mengompol. “akan menenagkan ketika seorang anak mengetahui bahwa orang lain, termasuk keluarganya, memiliki masalah yang sama. saya menunjukkan bahwa beberapa dari teman-temannya mungkin mengompoli tempat tidurnya juga,” katanya.

Fakta tentang mengompol Fakta tentang mengompol Fakta tentang mengompol nocturnal enuresis alarms
Fakta tentang mengompol || alrm

2. rencana permainan untuk melatih

banyak anak berhenti mengompol dengan sendirinya, tapi cukup membuat frustasi saat tidak tahu kapan keajaiban “bangun tanpa ompol” akan terjadi bagi anak usia 6 tahun dan lebih besar yang jelas terganggu dengan ompol, Dr. Arca merekomendasikan alrm yang memiliki sensor basah yang melekat di pakaian dalam dan berdering keras- atau bergetar kuat, untuk menjaga privasi-saat tetesan pertama, sehingga anak dapat menahannya sampai tiba di kamar mandi. “biasanya dibutuhkan waktu sekitar 12 minggu bagi otak dan kandung kemih untuk dilatih saling berkomunikasi, jadi anda diminta lebih bersabar.”ujar Dr. Arca. namun kunci suksesnya adalah anak harus benar-benar menginginkan ia tetap kering. jika tidak, ia menyarankan orangtua lebih baik menunggu saja.

strategi-strategi tertentu-seperti menggunakan pelindung kasur tahan air dan pakaian dalam anak sekali pakai-dapat meminimalkan trauma mengompol. meskipun tidak masalah mendorong anak anda untuk membantu anda merapikan tempat tidur, sangat penting untuk membuatnya seperti kerja tim, bukan hukuman.

tampaknya logis membatasi jumlah minuman anak untuk mengurangi kemungkinan membasahi tempat tidur, meskipun tak banyak data ilmiah pendukung hal itu. selama berpraktik, Dr. Posner telah melihat hal itu dapat membantu sehingga ia menyarankan pasien mengurangi asupan cairan setelah pukul 7 malam.

anda juga dapat membangunkan anak anda untuk ke toilet sebelum anda pergi tidur, dan melakukan lagi hal itu saat tengah malam, saran Dr. Arca. tapi hentikan jika tidak ada kemajuan. untuk beberapa anak, mengganggu jam tidurnya justru memperparah kebiasaan mengompolnya.

jika anak anda pernah memiliki masalah buang air, katakan hal itu kepada dokter anda. karena terdapat hubungan antara mengompol dan sembelit, dokter mungkin akan melakukan x-ray untuk melihat apakah ia memiliki tumpukan feses(suatu kondisi yang disebut megarectum). jika iya, dia mungkin membutuhkan terapi enema dengan pencahar ringan seperti Miralax untuk membantu menghilangkan kotoran dan memulihkan kondisi dinding rektum, kata Dr.Hodges, lektor kepada urologi di Wake Forest Medical center di winston- salem, North carolina. (“bayangkan baju kaus yang melebar,” katanya tentang efek megarectum.)

jika alarm dan metode pencegahan lainnya tidak bekerja, anda dapat mempertimbangkan resep obat yang dapat membantu menangani (tidak menyembuhkan0 mengompol. sebuah obat hormon yang disebut desmopressin dapat menurunkan jumlah produksi urin pada malam hari.

gunakan setiap hari untuk anak usia 6 tahun; bentuknya berupa sebuah tablet kecil; efek samping yang jarang terjadi antara lain mual dan muntah. butuh beberapa waktu untuk menemukan dosis yang bekerja dengan tepat bagi anak anda, jadi mulailah dengan memberikannya sebelum perjalanan akhir pekan atau berkemah. obat tersebut bekerja antara 12 sampai 40 persen pada saat itu. setelah anak anda melalui tiga bulan dengan sukses, hentikan konsumsi obat dan cermati apakah anak anda sudah bebas ompol. obat-obatan lain, termasuk oxybutynin dan imipramine, bekerja dengan membuat kandung kemih rileks sehingga dapat menahan lebih banyak urin sepanjang malam. para dokter menyarankan bagi anak berusia 5 tahun ke atas hanya saat semua pilihan terapi lainnya telah gagal. kedua obat ini biasanya diminum setiap hari selama enam bulan atau lebih oxybutynin digunakan paling sering pada anak-anak yang  yang memiliki masalah kontrol pada kandung kemih baik pada saat tersadar maupun tertidur; jadi kurang efektif pada anak-anak yang mengompol pada malam hari saja. oxybutynin berbentuk cair atau tablet dan membantu mengurangi kontraksi di kandung kemih. sedangkan antidepresant imipramine tersedia dalam bentuk tablet, dan dosis rendah telah terbukti menyembuhkan enuresis pada 25 sampai 50 persen kasus. frekuensi mengompol kambuh setelah menghentikan konsumsi obat- obatan itu, bagaimanapun, dapat mencapai 50 persen. efek samping yang jarang namun bisa terjadi antara lain masalah tidur, sakit perut, dan kegelisahan.

itu beberapa Fakta tentang mengompol, jutaan anak bangun tidur dengan seprai basah. jika anak anda termasuk salah satunya, cobalah tip-tip berikut ini untuk membantunya tetap kering.

  • Letakkan alas tahan air di atas pelindung kasur, atau bahkan sebuah tirai mandi, letakkan pelindung kasur lain di atasnya, dan seprai lain di lapisan paling atas. jika anak anda mengompol, ia dapat memindahkan seprai lapisan paling atas dan matras pelindungnya, dan membiarkan pelindung tahan air dan pelindung kasur di bawahnya.
  • tambahkan selimut dan piyama kering di dekatnya, dan anak anda bahkan tidak perlu membangunkan anda.
  • untuk menghilangkan bau urin dari tempat tidur dan piyama, gunakan secangkir cuka putih dan percikkan baking soda dengan deterjen dalam air cucian.

 

SIMILAR ARTICLES

0 7740

0 1425

0 1365

NO COMMENTS

Leave a Reply