terdapat beberapa faktor penghambat nafsu makan anak yang sering ibu abaikan. sekolah biskuit renyah saat berada di mobil, keripik setelah berolahraga. kebiasaan mengasup camilan ini mengganggu kebiasaan makan anak-anak dan kesehatan mereka. berikut beberapa faktor yang mengurangi nafsu makan anak.

MENGEMIL NONSTOP

moom feeds faktor penghambat nafsu makan anak faktor penghambat nafsu makan anak moom feeds
faktor penghambat nafsu makan anak

anak-anak kita lebih sering mengemil dibandingkan sebelumnya. pada akhir 1970-an, rata-rata anak antara usia 2 dan 6 tahun makan satu jenis camilan sehari di antara waktu makan, tetapi saat ini anak-anak biasanya makan hampir tiga jenis camilan., menurut penelitian yang dilakukan oleh Barry Popkin, PhD, profesor nutrisi di Universitas of Carolina di Chape Hill. dan, setiap ibu dengan kismis berserakan di dalam tas tangannya tahu, beberapa anak bahkan makan lebih dari itu.

tentu saja, camilan telah lama dianggap sebagai bagian sehat dari diet anak. “mereka penting karena anak-anak memiliki lambung yang lebih kecil dan memerlukan banyak energi, “kata Katja Rowell, MD, spesialis makanan anak di St Paul. Namun, jika anda menyajikan camilan yang relatif ringan seperti string cheese atau graham crackers, memberikannya kepada anak secara terus-menerus dapat berdampak negatif. “ketika anak-anak diperbolehkan makan sepanjang hari, hal itu menghambat kesempatan mereka mengembangkan nafsu makan, “kata Dr. Rowell. dan itu dapat menjadi lebih buruk bagi pemilih makanan: “jika anak-anak tidak datang ke meja setidaknya dengan sedikit rasa lapar, mereka tidak bersedia mencoba makanan baru. “

para ahli obesitas percaya bahwa frekuensi makan, bukan hanya porsi besar, juga dituding sebagai penyebab di tingginya asupan kalori untuk anak-anak dan orang dewasa. “anak-anak kita selalu ditawarkan makanan di setiap kesempatan,” kata Yoni Freedhoff, MD, lektor kedokteran di University of Ottawa. dan menambah hanya satu camilan ekstra setiap hari dapat berdampak besar. kenyataannya, kemungkinan besar obesitas pada anak-anak dipicu oleh kalori ekstra hanya sebesar 165 kalori per hari untuk anak-anak usia 2 sampai 7 tahun, ujar para peneliti di Universitas Harvard dan Columbia. jumlah itu kira0-kira sama dengan segenggam keripik kentang.

PENGGEMAR JUNK FOOD

faktor penghambat nafsu makan anak faktor penghambat nafsu makan anak faktor penghambat nafsu makan anak junk food
junk food

beberapa orang tua seringkali memberikan anak-anak mereka camilan yang paling bergizi saat jam istirahat makan. “tapi banyak orang tua berpikir camilan sebagai hadiah atau mereka mengambil makanan secara gampang, yang cenderung memiliki kandungan gula, garam, dan karbohidrat murni,” kata Dr. Rowell.

tidak demikian bagi Alissa Stoltz, seorang ibu dari dua di  Livingston, New Jersey. ketika putri tertuanya mulai masuk TK, Stoltz cemas dengan camilan rendah gizi seperti pretzel dan sereal manis yang disajikan di kelas setiap hari. lebih buruk lagi ulang tahun dirayakan dengan cupcakes dan beberapa cangkur jus. Stoltz tidak keberata putrinya melahap perbagai jenis makanan seperti sesekali. “tapi ini terjadi lima hari dalam seminggu, jadi saya merasa harus memerketat  permen dan camilan di ruma,” ujarnya.

tentu saja ada tempat bagi camilan dalam keseharian anak. “satu permen kecil dalam sehari bisa membantu mengajar anak-anak tentang keseimbangan dan tidak melihat permen sebagai makanan terlarang yang membuatnya malah lebih memikat, ” kata Kathy Isoldi, {hD, RD, lektor gizi di LIU post setiap pertemuan menjadi ajang camilan istimewa. menurut penelitian terbaru Dr. Osoldi, anak-anak TK melahap lebih dari 450 kalori- 35 persen dari kebutuhan kalori harian mereka-selama satu perayaan ulang tahun du kelas.

beberapa orang tua tidak melihat bahaya dalam cupcakes ulang tahun, atau donat selama jam mendongeng di  perpustakaan. namun, efek zat tambahan dalam camilan patut dikhawatirkan. “sangat mudah untuk melihat satu camilan junk food dan mengatakan tidak apa-apa,” kata Dr. Freedhoff. “tapi ada kemungkinan seseorang menawarkan anak anda makanan yang penuh kalori beberapa kali dalam sehari. ini berlangsung terus menerus. itu menjadi parade tak berakhir, dan menumpuk menjadi masalah besar.”

bahkan anak-anak yang berolahraga pun mungkin tak dapat menyalurkan kelebihan kalorinya. penelititan di University of Minnesota School of Public Health di Minneapolis menemukan bahwa anak usia 8 tahun dapat membakar rata-rata sekitar 150 kalori dalam permainan sepakbola-namun camilan setelah pertandingan umumnya mengadung antara 300 dan 500 kalori. “sangat aneh bahwa olahraga antara 300 dan 500 kalori. “ini sangat aneh bahwa olahraga telah dikaitkan dengan makannan manis, “kata peneliti Toben Nerlos, ScD. “dan orang tua praktis bersaing satu sama lain untuk melihat siapa yang dapat membawa camilan ‘terbaik’ “.

MEMBALIKAN TREN

penghambat nafsu makan anak yang sering ibu abaikan faktor penghambat nafsu makan anak faktor penghambat nafsu makan anak kids and junk food
kids and junk food

untungnya, ada cara untuk mengubah perilaku keluarga anda. sebagai permulaan, pertimbangkan seberapa sering anda memberikan camilan kepada anak anda. Batita dan Balita dapat diberikan setiap dua sampai tiga jam di antara waktu makan dan camilan, anak-anak lebih besar setiap tiga sampai empat jam. sebanyak yang anda bisa, hindari camilan-di mobil dan kereta bayi, dalam keranjang belanja, atau karena anda akan pergi keluar. “makan di mana saja seperti itu membuat anak-anak lebih sulit makan dalam jumlah yang tepat karena perhatian mereka teralihkan,”kata Dr. Rowell. anak-anak tidak memiliki kesempatan untuk benar-benar menikmati makanan atau memerhatikan sinyal tubuh bahwa mereka lapar atau kekenyangan, sehingga mereka sering berakhir dengan kelebihan atau kekurangan makan.

makanan yang anda sajikan sebagai camilan mesti memiliki gizi yang sama seperti saat makan berat, kata David Katz, MD, direktur Yale University Prevention Research Center. karena camilan anak dapat diperoleh dimana saja, anda sulit mengatasinya- tapi ini bukan hal yang mustahil. mulailah dengan membawa buah-buahan dan sayur-sayuran ketika giliran anda menjadi ibu yang menyiapkan camilan di kelas. jika anda berpikir sebuah pertemuan tidak mengharuskan orang tua menyiapkan camilan, katakan kepada penyelenggara bahwa anda akan mengabaikannya ( banyak orang tua menyambut kesempatan itu untuk mengurangi tugas mereka ). bicarakan kepada orang tua lainnya di kelas anak anda, tim, atau klub tentang keprihatinan anda. ada kemungkinan, terdapat ibu dan ayah yang berpikiran sama namun tidak mengemukakannya.

Casey Hinds, dari Lezington, Kentucky. membenci kenyataan bahwa TK anaknya sering menghadiahi kelas dengan permen, es krim dan pesta pizza, “kami memiliki sejarah keluarga dengan diabetes, jadi kami mengganggap hal itu sebagai camilan ‘sesekali’,”katanya. Hinds justru membawa buah-buahan dan sayur-sayuran saat pesta kelas dan bergaung dengan kelompok penasihat sekolah, dimana dia berusaha  memerkuat kebijakan kesehatan sekolah. dia mengakui bahwa dia mendapat beberapa tekanan dari para orang tua, tapi dia tidak membiarkan hal itu menghentikannya. “anak-anak berada pada posisi bisa berbicara untuk diri mereka sendiri, jadi kita harus melakukannya untuk mereka, “kata Hinds, yang menambahkan bahwa banyak anak tidak akan menolak nampan berisi buah yang indah.

tanyakan kepada kepala sekolah atau direktur di sekolah anak anda jika ada kebijakan tentang makan sehat dan olahraga- dan jika anda bisa, jadilah relawan. semua sekolah menerima dana pemerintah untuk makan sia sekolah mesti memiliki kebijakan kesehatan. meskipun semua prasekolah tidak memiliki persyaratan yang sama, namun setidaknya mereka memiliki pedoman tentang gizi. “Direktur prasekolah biasanaya sangat mengerti kekhawatiran orang tua tentang makanan, “kata Kathryn Henderson, PhD, direktur inisiatif sekolah dan komunitas di Rudd Center for Food Policy & Obesity di Universitas Yale. hanya pastikan anda datang dengan saran konkret, bukan hanya keluhan.

para ahli sepakat bahwa satu-satunya cara untuk membuat perubahan yang nyata adalah para orang tua berbicara-baik di sekolah mayupun di rumah. “jauh lebih mudah untuk menyerah dan membiarkan anak anda makan sampah itu, “kata Dr. Popkin. “tapi orang tua perlu melakukan perlawanan, apakah dengan membuat camilan sehat atau marah dan tidak mengizinkan anak-anak mereka sering makan di antara waktu makan berat mereka perlu melakukan sesuatu.” itulah beberapa faktor penghambat nafsu makan anak, yang perlu diperhatikan.

SIMILAR ARTICLES

0 592

0 7740

0 1363

NO COMMENTS

Leave a Reply