Saurna.com–Seperti apa kesederhanaan Bob Sadino di mata orang-orang penting di Indonesia? Kepergian sosok pengusaha kawakan Bob Sadino, Senin (19/01) meninggalkan banyak kenangan tersendiri bagi orang-orang terdekatnya, tak hanya bagi orang-orang yang ada disekelilingnya namun bagi semua orang yang mengenalnya. Pengusaha nyentrik ini banyak meninggalkan petuah-petuah yang banyak menginpirasi banyak orang terutama para pebisnis muda.

Laki-laki kelahiran Tanjungkarang, Lampung, 9 Maret 1933 ini sangat terkenal dengan omongan-omongannya yang ceplas-ceplos dengan gaya santainya. Pria yang tidak mengenyam bangku kuliah sampai lulus ini merasa beruntung, ia pernah berkata bahwa jika ia kuliah ia tidak akan menjadi orang seperti sekarang. Menurutnya Mahasiswa itu idibaratkan sebagai pemulung di kampus, mereka hanya memunguti barang-barang yang kemudia memenuhi otak mereka saja.

“Akhirnya yang Anda punguti itu hanya  menjadi sampah di otak Anda. Maka, makin belajar, jadi semakin penuh,” Papar almarhum Bob Sadino di Kampus Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Jawa Tengah, pada 2009. Meskipun demikian Om Bob begitu sapaan semasa hidupnya tak berniat untuk menyinggung akademis, ia hanya bertutur berdasarkan ilmu yang ia dapatkan dari “Jalanan” dan ia selalu berkata bahwa “Prospek  itu yang penting dijalankan dulu. Bukan dipikirkan”.

Selain sering ceplas-ceplos ketika berbicara Om Bob juga terkenal sebagai sosok yang sangat hangat kepada siapa pun. Kedekatannya dengan pengusaha terkenal  Aburizal Bakrie membuat Ical sangat sangat terkejut ketika ia mendengar kabar bawha Bob Sadino meninggal dunia. Dimata Ical Om bob adalah sosok yang sangat sederhana dengan pakaian apa adanya dan tak pernah sombong dengan pencapaian yang ia raih.

Ical bertutur “Bob Sadino betul-betul seorang pengusaha yang sangat sederhana. Saya kenal beliau sudah puluhan tahun pada waktu itu. Ia tidak pernah merasa sombong dengan pencapaian-pencapaian yang dimilikinya,” 

pendapat yang sama juga terlontar dari mantan orang nomoor satu  di Indonesia BJ Habibie, saat ia diwawancarai beliau berkata bahwa Bob Sadino adalah sosok yang sangat sederhana, pendiam namun ia juga seorang yang pekerja keras.

“Bertemu beliau di RS seminggu yang lalu. Beliau itu apa yang dia katakan, dia pasti laksanakan. Beliau patut menjadi panutan,” kata Habibie.

Habibie juga menyayangkan kepergian Bob Sadino yang begitu cepat menyusul sang istri yang sudah terlebih dahulu menghadap sang Ilahi tida bulan yang lalu.

Semasa hidupnya Om Bob pernah berkata “Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki. Terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak”. Terbukti kini setelah setelah ia pergi menghadap sang pencipta banyak orang yang merasa kehilangan dan namanya tetap mengakar dalam kenangan masing-masing orang yang sangat terpengaruh oleh petuah-petah yang ia berikan semasa hidupnya.

Selamat Jalan Om Bob, selamat beristirahat untuk selamanya. Semoga kau bahagia di alam yang abadi.

SIMILAR ARTICLES

video

0 3751

0 1002

NO COMMENTS

Leave a Reply