Terapi musik untuk anak spesial. keajaiban musik memang tidak pandang bulu. tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak pada umumnya, American Music Therapy Association (AMTA) memaparkan bahwa musik bahkan menjadi terapi efektif bagi anak-anak berkebutuhan khusus, seperti down syndrome, autisme, cerebral palsy, dan cedera otak. selaras dengan pernyataan AMTA, Uttara Sharma, psikolog anak di bangalore, india, mengatakan bahwa terapi musik bertujuan membantu perilaku sosial anak-anak berkebutuhan khusus. “musik menurunkan perilaku sulit berkonsentrasi dan mendorong anak bekerja sama, hidup mandiri hingga memiliki keterampilan motorik halus dan kasar, “jelasnya.

guru piano independen untuk anak berkebutuhan khusus, Veny Lie, yang tinggal di jakarta, juga memiliki pendapat serupa, Veny berbagi beberapa manfaat yang bisa di didapatkan orang tua anak berkebutuhan khusus dari terapi musik. berikut manfaat Terapi musik untuk anak spesial.

  • melatih motorik
Bermain musik  Terapi musik untuk anak spesial q
Terapi musik untuk anak spesial

“anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kelemahan fisik. salah satunya adalah jari-jarinya terlalu lekat dan sulit dilebarkan. dengan bermain piano, anak-anak terlatih untuk membuka jarinya saat menekan tuts piano. rupanya, kebiasaan itu membantu motorik anak, seperti buka-tutup jari yang berguna untuk menunjuk sesuatu atau berhitung dengan jari,” jelas alumnus Yamaha Conservatory of music ini. selain itu, koordinasi tubuh anak juga akan terlatih karena mereka terbiasa memainkan melodi dengan tangan kanan dan kord dimainkan tangan kiri yang memengaruhi kerja otaknya.

  • membangun komunikasi
membangun komunikasi  Terapi musik untuk anak spesial autisme anak
membangun komunikasi

bermain musik akan menghasilkan bunyi-bunyian, dan inilah yang menarik perhatian anak-anak spesial. Veny menjelaskan bahwa sebelum mengenal musik lebih dalam, mereka cenderung kurang peduli terhadap lingkungannya. namun begitu mereka diperdengarkan lagu-lagu, mereka mulai mendekat dan mencoba memainkannya dengan cara mereka. “saat mereka terbiasa bermain musik, lama-lama terjadi kontak mata. inilah salah satu bentuk cara mereka berkomunikasi, “tuturnya.

  • meredam emosi

angry autism  Terapi musik untuk anak spesial unhappy kid by coba3

dari pengalaman mengajar anak-anak berkebutuhan khusus, Veny merasakan emosi mereka mudah bergejolak, mulai dari tenang hingga marah yang meledak-ledak.”dengan memainkan lagu yang disukainya, banyak dari mereka merasa nyaman dan bahagia. bahkan mereka lebih memilih memainkan musik untuk menyalurkan perasaannya,”ungkapnya.

  • mengembangkan kognitif

autism  Terapi musik untuk anak spesial 1437393shutterstock 12769083

berbeda dengan mengajarkan musik kepada anak-anak pada umumnya, Beny mengajarkan musik kepada anak-anak berkebutuhan khusus ini dengan cara yang unik. ia tidak mengajarkan dengan deretan not balok, tapi menggunakan angka dan simbol.”melodi menggunakan angka, sedangkan kord dengan simbol, misalnya bintang. tujuannya anak akan terbiasa dengan angka sekaligus berimajinasi dengan simbol,”terang pemilik kursus Ven’s Club ini.

  • meningkatkan percaya diri
Terapi musik untuk anak spesial  Terapi musik untuk anak spesial anak berkebutuhan
Meningkatkan percaya diri

“ketika mereka berhasil memainkan beberapa lagu pendek dan tampil di depan umum, baik orang tua dan anak itu sendiri merasakan bahwa ia dihargai oleh orang lain. sebab orang lain merasakan betapa keras perjuangan anak-anak spesial ini yang dalam keterbatasannya mampu memainkan lagu dengan baik seperti anak normal lainnya, “jelasnya.

SIMILAR ARTICLES

0 7740

0 1365

NO COMMENTS

Leave a Reply